What a people?!

Yaaa.. manusia. Setiap manusia pasti memerlukan org lain untuk hidup gimanapun mandirinya seseorang tersebut. Yaa... Setiap manusia adalah makhluk sosial dimana mereka akan selalu berdampingan dengan yg lainnya. Yap. Gak perlu dipungkiri lagi kalo kita akan butuh seseorang siapapun itu dalam kehidupan kita, jd kita gabisa sombong dan gegabah karena suatu saat kita akan butuh org lain bahkan org yang ga kita duga kita butuhkan sebelumnya. Sejatinya, setelah gue masuk dunia perkuliahan begitu banyak org dari berbagai macam daerah dan berbagai karakter yang gue temui. Karena semakin banyak perbedaan itu kadang gue susah untuk tau bahkan mengenal mana teman sejati dan bukan. Susah untuk ngebedain teman sejati dan ngga.

Untuk tau itu, kita pasti perlu memahami karakter masing2 orang, dan perlu buat memahami mereka seperti apa, karena bagi gue cara kita mentreat masing-masing org itu ga sama dan perlu disesuaikan dengan sifat mereka sendiri. Dari dulu karakter gue adalah lembut sampe kadang ga tegas sama orang, ya. Gaenakkan. Selalu aja kasian ngeliat org lain kesusahan tanpa mikir buat ga ngorbanin diri sendiri buat orang lain. Sampe2 disini gue ngerasa orang lain bisa memanfaatkan kelemahan gue. Saking baiknya sampe ngorbanin kepentingan sendiri untuk org lain. Dan disitu kadang gue sedih. Gue ngerasa gue udh ngelakuin hal yang baik untuk org yang gue anggep sebagai temen gue. Tapi kadang gue merasa gaadil karena disaat gue butuh bantuan ga semua orang bisa mengerti dan bisa ada untuk gue. Gue benci untuk dikasihan, dan gue gabutuh untuk dikasihanin. Gue cuma perlu org lain untuk respect sama gue. Setidaknya cukup perduli dengan keadaan gue yang susah eventho mereka gabisa bantu banyak.

Gue berusaha untuk tetep berfikir positive terhadap mereka, dan lagipula kesusahan yang gue alami ga sepenuhnya tanggung jawab gue. Gue gamau baper sm org cuma karena hal yg sepele. Gue berusaha maafin dan memahami berbagai macam sifat orang tp pada akhirnya gue kalah sama perasaan gue sendiri. Akhirnya gue mengalah untuk mereka. Dan menangani semua masalah gue dan masalah orang2 itu sendiri. Gue berusaha untuk memaklumi, tp pada akhirnya gue merasa sakit hati, seakan2 gue udh dibodohi. Meskipun gue tau mungkin dia punya alasan sendiri kenapa gabisa bantu gue. Tapi pada akhirnya gue cuma bisa berfikir "ternyata dia bener2 ga anggep gue temennya, tega bgt biarin gue memecahkan masalah ini sendiri. Gue pikir selama ini dia temen yg baik, ternyata dia gabisa diandelin". 

Well yaudah. Mungkin sifatnya emg kaya gitu, dan orang2 seperti itu banyak, mau gue paksa sedemikian rupa ya percuma aja yg ada malah sakit hati. Lagian gue lelah dan bosen buat selalu memohon ke semua orang untuk memecahkan masalah yang padahal harusnya adalah masalah bersama yang akhirnya gue tangani sendiri, gue lelah bgt juga untuk selalu memaklumi keadaan semua orang. Padahal belum tentu ketika dia susah dan minta tolong ke kita dia juga paham keadaan kita kaya gimana. Intinya gue capek untuk selalu memahami orang2, tp orang ternyata bahkan ga respect balik sama kita. Pokoknya gue kecewa sama org yang katanya temen, tp dia ga bener2 ada disaat gue kesulitan. Gue sedih harus sedih sm diri gue karena org lain yang gaadil sama gue. Gue ngerasa percuma jd org baik kalo pada akhirnya baiknya gue cuma disepelekan. Bahkan orang tersebut gaada rasa bersalah untuk ngebales apa yang udh gue lakuin. Intinya lari dari tanggung jawab. Sedemikian rupa udah gue maklumi tapi memaklumi gue malah ngebuat mereka semakin menjadi2 ketidak tanggung jawabannya. Gue gatau harus berbuat apa sama orang2 yg suka lari dari tanggung jawabnya. Gue tau prioritas setiap org beda2 tp setidaknya bertanggung jawablah sama apa yang udh mereka pilih. Atau cukup perduli sedikit aja sama kesulitan org lain. 

Mungkin emg kita gabisa maksain seseorang untuk respect sama kita apalagi nurutin kemauan kita, karena pada akhirnya mereka baru akan memahami apa yang kita rasakan ketika mereka ada diposisi kita saat itu. Yang artinya cuma pengalaman yang akan menyadarkan seseorang dimana letak kesalahan mereka dulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KIFF

The Truth